Penulis / NIM
AINDA LIHAWA / 431409031
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. DEWI WAHYUNI K BADERAN, S.Pd., M.Si / 0014097902
Abstrak
Ainda, Lihawa. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Potensi Lokal Pada Materi Pokok Keanekaragaman Makhluk Hidup Untuk Siswa SMP/MTS Kelas VII. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika Dan Ipa, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Elya Nusantari, S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing 2 Dr. Dewi Wahyuni K Baderan, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar biologi berbasis potensi lokal pada materi pokok keanekaragaman makhluk hidup untuk siswa SMP/MTS kelas VII. Metode yang di gunakan adalah metode pengembangan bahan ajar, dengan model pengembangan 4-D (Four- D). Pada model pengembangan 4-D (Four-D) tahap-tahapnya adalah Pendefenisian, Perancangan,Pengembangan, dan Penyebarluasan. Mengingat waktu, biaya, dan faktor lainnya, penelitian pengembangan bahan ajar ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi dan angket penilaian kelayakan draft bahan ajar oleh validator, guru biologi dan siswa.
Analisis Data digunakan pada penelitian pengembangan bahan ajar adalah analisis kualitatif dan analisis kuantutatif. Analisis kualitatif di gunakan untuk mendeskripsikan analisis kebutuhan bahan ajar, penyusunan bahan ajar dan saransaran dari validator bahan ajar. Analisis kuantitatif digunakan untuk menilai kelayakan draft bahan ajar yang telah di validasi oleh validator bahan ajar, gurubiologi dan respon siswa. Hasil penelitian menunjukan berdasarkan hasil validasi yang di lakukan oleh validator bahan ajar dan guru biologi, draft bahan ajar layak di gunakan dengan rantang skor rata-rata 60-80 % , dan layak di uji coba dalam kelompok kecil.
Kata Kunci : Pengembangan Bahan Ajar, Potensi Lokal, Keanekaragaman Makhluk Hidup
Download berkas