Penulis / NIM
DWI AYU TIVANI MERTOSONO / 431409043
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd / 0020086606
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Abstrak
ABSTRAK
Dwi Ayu Tivani Mertosono. 431409043. 2014. Evaluasi Belajar Siswa Biologi
Dengan Model Contexs, Input, Prosess, Product (CIPP) Di SMA Negeri 1
Tolangohula Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Prof. Dr. Ani M Hasan, M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Lilan Dama S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II.
Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana evaluasi belajar siswa biologi dengan menggunakan model CIPP (Contexs, Input, Prosess, Product). Adapun yang menjadi tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengungkapan bagaimana evaluasi belajar siswa biologi dengan menggunakan model CIPP (Contexs, Input, Prosess, Product).
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa evaluasi belajar siswa biologi dapat diungkap dengan menggunakan model CIPP. Hal ini nampak pada hasil capaian aspek prosess pada 32 orang siswa prosentase mencapai 71,88% dengan kategori sangat efektif, aspek produk prosentase mencapai 81,25% dengan kategori kurang efektif, dan untuk evaluasi CIPP pada guru secara keseluruhan mendapatkan hasil dengan prosentase capaian 91,18% dengan kategori pelaksanaan keempat aspek CIPP dalam kategori sangat efektif.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Evaluasi CIPP (Contexs, Input, Prosess, Product), Deskriptif Kualitatif.
Download berkas