Penulis / NIM
JAYANTY / 431409049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. JUSNA AHMAD, M.Si / 0006046210
Abstrak
ABSTRAK
Jayanti. 2015. Implementasi Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di Kelas VIII SMP Negeri 11 Gorontalo, Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan oleh Dr. Elya Nusantari, S.Pd, M.Pd sebagai pembimbing I dan pembimbing II Dr. Jusna Ahmad, M.Si
.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam penguasaan konsep pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan melalui penerapan pendekatan saintifik di kelas VIII SMP Negeri 11 Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilakukan dalam dua siklus, pada siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes akhir evaluasi pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar mengajar untuk hasil kegiatan guru pada siklus I aspek yang terlaksana yaitu 90,6 % meningkat pada siklus II menjadi 98 %. Untuk hasil observasi kegiatan siswa mengalami peningkatan, pada siklus I aspek yang terlaksana yaitu 88, 46 % meningkat pada siklus II menjadi 91,32 %. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh ketuntasan 73,68% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 94,73%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan pendekatan saintifik pada mata pelajaran biologi yang khususnya materi stuktur dan fungsi jaringan tumbuhan di kelas VIII SMP Negeri 11 Gorontalo dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar, Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
Download berkas