Penulis / NIM
RISMAWATI RUSLAN / 431409053
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MUSTAMIN IBRAHIM, M.Si / 0016066804
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini, untuk meningkatkan hasil belajar dan meminimalisir penurunan retensi siswa khususnya pada materi sistem saraf dengan menggunakan strategi peta konsep di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester genap dan pelaksanaannya dalam dua siklus, yaitu masing-masing siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Berdasarkan prosedur tindakan maka tehnik pengumpulan data menggunakan lembar observasi pada aktivitas guru dan siswa yang berisi aspek-aspek yang diamati selama proses pembelajaran. Untuk evaluasi hasil belajar siswa dilakukan setiap akhir siklus pembelajaran, sedangkan retensi siswa dilakukan dalam selang waktu dua minggu setelah pemberian tes evaluasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran biologi dengan menggunakan peta konsep dapat menambah pemahaman siswa tentang konsep system saraf, dan meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari, rata-rata peningkatan hasil belajar secara klasikal untuk siklus I yaitu 79.41 %, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 91.17 %. Untuk retensi siswa pada setiap siklus dapat bervariasi yaitu, rata-rata penurunan retensi siswa pada siklus I sebesar 9,59 %, sedangkan pada siklus II penurunan retensi siswa sebesar 11,21 %. Berdasarkan hasil tersebut maka, penggunaan strategi belajar peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meminimalisir penurunan retensi siswa khususnya pada materi system saraf (bila dibandingkan penurunan retensi dengan model pembelajaran yang lain).Kata Kunci: Hasil Belajar, Retensi, dan Peta Konsep
Download berkas