Penulis / NIM
YOLAN DUNGGIO / 431409091
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd / 0020086606
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. ARYATI ABDUL, M.Kes / 0015045912
Abstrak
Yolan Dunggio. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas XI MA Al-Khairaat Kiyai Modjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Gorontalo: Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo, Juli 2013. Pembimbing 1 Prof. DR. Hj. Ani M. Hasan, M. Pd dan Pembimbing 2 Drs. Aryati Abdul, M. Kes.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan tujuan untuk mengetahui penerapan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan macromedia flash pada pembelajaran materi sistem peredaran darah manusia dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar mengajar untuk kegiatan guru pada siklus I memperlihatkan kriteria baik dan sangat baik sebesar 96,15% dan untuk kegiatan siswa pada kriteria baik dan baik sekali sebesar 73%. Sedangkan pada siklus II baik kegitan guru mendapat kriteria baik dan sekali sebesar 100% dan kegitan siswa 100%. Untuk hasil belajar pada siklus I, 57,89% siswa yang memperoleh nilai diatas 70, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 89,47% siswa yang tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan macromedia flash dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah manusia.
Kata kunci : kooperatif tipe STAD, macromedia fash, hasil belajar siswa.
Download berkas