Penulis / NIM
SRILESNAWATI LALUSU / 431410052
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. DEWI WAHYUNI K BADERAN, S.Pd., M.Si / 0014097902
Abstrak
ABSTRAK
Srilesnawati Lalusu. 2014. Pengaruh Pendekatan Metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar IPA Biologi Materi Ekosistem Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Gorontalo. Skripsi, Program Studi Biologi, Fakultas Matematikan Dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Ibu Dr. Lilan Dama, S.Pd, M.Pd dan Ibu Dr.Dewi K. Baderan, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) melihat apakah terdapat pengaruh metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA biologi. (2) melihat apakah terdapat pengaruh metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap hasil belajar IPA biologi materi ekosistem pada siswa kelas VII SMP Negeri 9 Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian menggunakan Pretes-Post test two group design dan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yaitu kelas VII D dengan jumlah 25 siswa dijadikan kelas eksperimen dan VII A dengan jumlah 25 siswa dijadikan kelas kontrol sehingga total jumlah 50 siswa. Tekhnik Analisis data digunakan Uji Normalitas data dengan menggunakan Uji Lillefors, Uji Homogenitas menggunakan uji Bartlett dan Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji MANOVA dengan taraf signifikan 0,05 dalam pengujian hipotesis. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa (1) metode pendekatan Jelajah Alam Sekitar berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya pada materi ekosistem. (2) nilai rata-rata aktivitas siswa pada kelas eksperimen yakni 85% sedangkan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 63%. (3) Untuk hasil belajar pada kelas eksperimen yakni 79% lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata pada kelas kontrol yakni 70%.
Kata Kunci : Pendekatan Jelajah Alam Sekitar, Aktivitas Siswa, dan Hasil belajar siswa
Download berkas