Penulis / NIM
NUR HAYATI / 431410076
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASEP SURYANA ABDURRAHMAT, S.Pd., M.Kes / 0023046905
Abstrak
ABSTRAK
Nur Hayati, Pengaruh Strategi belajar Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa dan Retensi Siswa Pada Materi Animalia di SMA Negeri 2 Gorontalo. Skripsi, Program Studi Biologi, Fakultas Matematikan Dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Elya Nusantari, SPd., M.Pd dan Pembimbing II Dr. Asep S. Abdurrahmat, SPd,. M.Kes
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi belajar mind mapping dalam pembelajaran biologi terhadap hasil belajar siswa dan retensi siswa pada materi animalia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yaitu kelas X5 dengan jumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol dan X6 dengan jumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen sehingga total jumlah 52 siswa. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji manova dengan taraf signifikan 0,05 dalam pengujian hipotesis. Dari hasil uji hipotesis untuk hasil belajar berdasarkan angka signifikan menunjukkan angka di bawah 0,05 (yakni 0.001) maka hipotesis ditolak dan diterima. Hasil perhitungan retensi, berdasarkan angka signifikan menunjukkan angka di bawah 0,05 (yakni 0.000) maka hipotesis ditolak dan diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi belajar mind mapping dalam pembelajaran biologi terhadap hasil belajar siswa dan retensi siswa pada materi animalia.
Kata kunci : Strategi Mind Mapping, Hasil Belajar, Retensi
Download berkas