SKRIPSI

Penulis / NIM
NUR HAYATI / 431410076
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASEP SURYANA ABDURRAHMAT, S.Pd., M.Kes / 0023046905
Abstrak
ABSTRAK Nur Hayati, Pengaruh Strategi belajar Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa dan Retensi Siswa Pada Materi Animalia di SMA Negeri 2 Gorontalo. Skripsi, Program Studi Biologi, Fakultas Matematikan Dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Elya Nusantari, SPd., M.Pd dan Pembimbing II Dr. Asep S. Abdurrahmat, SPd,. M.Kes Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi belajar mind mapping dalam pembelajaran biologi terhadap hasil belajar siswa dan retensi siswa pada materi animalia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yaitu kelas X5 dengan jumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol dan X6 dengan jumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen sehingga total jumlah 52 siswa. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji manova dengan taraf signifikan 0,05 dalam pengujian hipotesis. Dari hasil uji hipotesis untuk hasil belajar berdasarkan angka signifikan menunjukkan angka di bawah 0,05 (yakni 0.001) maka hipotesis ditolak dan diterima. Hasil perhitungan retensi, berdasarkan angka signifikan menunjukkan angka di bawah 0,05 (yakni 0.000) maka hipotesis ditolak dan diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi belajar mind mapping dalam pembelajaran biologi terhadap hasil belajar siswa dan retensi siswa pada materi animalia. Kata kunci : Strategi Mind Mapping, Hasil Belajar, Retensi
Download FILE

ARSIP

2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011