Penulis / NIM
SRI DEVI UMAR / 431410079
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Pembimbing 2 / NIDN
WIRNANGSI D UNO, S.Pd., M.Kes / 0029066903
Abstrak
ABSTRAK
Sri Devi Umar. 2015. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Retensi Peserta Didik Kelas X Pada Materi Virus Di SMA N. 4 Gorontalo". Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Elya Nusantari M.Pd dan Pembimbing II. Wirnangsi D. Uno, S.Pd., M.Kes.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran SCRIPT dan STAD terhadap retensi peserta didik. Jenis Penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Pada kelompok SCRIPT diterapkan model pembelajaran SCRIPT dan kelompok STAD diterapkan model pembelajaran STAD. Populasi penelitian adalah SMA N. 4 Gorontalo tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dengan Purposive Sampling sehingga didapat kelas X MIA 3 sebagai kelompok SCRIPT dan kelas X IS 2 sebagai kelompok STAD. Teknik Pengumpulan data menggunakan tes tertulis untuk mengukur retensi yang dilakukan setelah 14 hari materi selesai diajarkan. Teknik analisis data menggunakan statistik dengan uji Anova satu jalur. Berdasarkan analisis hipotesis dapat diperoleh £2tabel = 4,084 dan hasil £2hitung = 21,048 Dari hasil tersebut dapat di interprestasi bahwa £2tabel £ £2hitung sehingga hipotesis H0 ditolak, dengan demikian dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe SCRIPT dan model pembelajaran Kooperatif STAD berpengaruh terhadap retensi peserta didik.
Kata Kunci: Model Pembelajaran SCRIPT, Model Pembelajaran STAD,Retensi
Download berkas