SKRIPSI

Penulis / NIM
NURFITRIANA / 431411023
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MARGARETHA SOLANG, M.S.i / 0015036808
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik dalam rangka melatih KPS peserta didik di SMA Negeri 2 Gorontalo. Sumber data berasal dari peserta didik dari kelas X.IPA.1 dan X.IPA.2. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yakni menggambarkan penerapan pendekatan Saintifik untuk melatih KPS peserta didik pada mata pelajaran biologi. Variabel yang diamati yakni KPS yang meliputi keterampilan merumuskan hipotesis, observasi, interpretasi data, klasifikasi, analisis, dan prediksi. Variabel tersebut merupakan skor yang diperoleh melalui instrumen penilaian KPS peserta didik melalui penerapan pendekatan Saintifik. Untuk mengukur KPS peserta didik digunakan instrumen lembar observasi peserta didik yang diisi saat peserta didik melakukan percobaan/praktikum. Instrumen lain yang digunakan adalah lembar tes KPS yang di dalamnya berupa pertanyaan-pertanyaan yang mengarah pada aspek-aspek KPS. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat variasi skor tes KPS yang diperoleh dari peserta didik dari kedua kelas pada masing-masing aspek KPS yang diujikan dan dapat dikategorikan mampu menguasai KPS dengan penguasaan KPS "baik" dan "sangat baik" dari peserta didik. Akan tetapi, terlihat kecenderungan kesamaan penguasaan aspek KPS oleh peserta didik dari kedua kelas. Peserta didik kelas X.IPA1 dan X.IPA2 lebih menguasai keterampilan memprediksi, yang selanjutnya disusul dengan keterampilan mengklasifikasikan. Berdasarkan data hasil penilaian dari lembar observasi KPS dengan menggunakan pendekatan saintifik peserta didik menunjukkan bahwa kedua kelas lebih aktif dalam hal mengasosiasi yang didalamnya terdapat keterampilan interpretasi data, keterampilan mengklasifikasi dan keterampilan menganasilis. Hal ini menunjukkan bahwa dengan pendekatan saintifik yang tertuang pada kurikulum 2013 dapat meningkatkan daya tarik peserta didik untuk lebih aktif sehingga berdampak pada penguasaan niali-nilia KPS yang lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Keterampilan Proses Sains, Pelajaran Biologi
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011