Penulis / NIM
NURMILA DJAFAR / 431411026
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd / 0020086606
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Abstrak
ABSTRAK
NURMILA DJAFAR. 2017. "Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) dan Tipe NHT (Numbered Head Together) Pada Materi Sistem Pernapasan Di SMP Negeri 2 Gorontalo". Skripsi, Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Ani M. Hasan, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Lilan Dama, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dan tipe NHT (Numbered Head Together) pada materi sistem pernapasan di SMP Negeri 2 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Gorontalo. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Dari pengambilan sampel diperoleh kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen-1 yang diberikan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dan kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen-2 yang diberikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together). Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t terhadap kedua nilai Posttest. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dan tipe NHT (Numbered Head Together). Hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) lebih tinggi nilainya dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together).
Kata kunci : Model Pembelajaran, Kooperatif, Think Pair Share, Numbered Head Together, Hasil Belajar Siswa
Download berkas