Penulis / NIM
AGUSTINA MUSTAPA / 431411107
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Abstrak
ABSTRAK
Agustina Mustapa, 2015. "Perbedaan Model Pembelajaran tipe PBL (Problem Based Learning) dan STAD (Student Team Achievement Divisions) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik kelas XI MIPA pada Materi Sistem Peredaran Darah di SMA Negeri 1 Limboto". Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Elya Nusantari M.Pd dan Pembimbing II. Dr. Lilan Dama, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan model pembelajara Problem Based Learning (PBL) dan Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Pada kelompok PBL diterapkan model pembelajaran PBL dan kelompok STAD diterapkan model pembelajaran STAD. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Limboto tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dengan Purposive Sampling sehingga didapat kelas XI MIPA 4 sebagai kelompok PBL dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelompok STAD. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik. Teknik analisis data menggunakan statistik dengan uji-t. berdasarkan analisis hipotesis diperoleh thitung = 0,000 dengan taraf signifikan 0,05. Dari hasil tersebut dapat di interpretasi bahwa thitung < 0,05 sehingga hipotesis H0 ditolak, dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan model pembelajaran Problem Based Learning dan Student Team Achievement Divisions terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions, Berpikir Kritis
Download berkas