SKRIPSI

Penulis / NIM
YULI AGUSTINA / 431412002
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. ARYATI ABDUL, M.Kes / 0015045912
Abstrak
Yuli Agustina. 2016. "Pengembangan Instrumen Pembelajaran Berbasis Pengetahuan Metakognitif Pada Materi Pola-Pola Hereditas Untuk Siswa Kelas XII IPA". Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.Elya Nusantari,S.Pd,M.Pd dan Pembimbing II Dra. Aryati Abdul, M.Kes. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen pembelajaran berbasis pengetahuan metakognitif pada materi pola-pola hereditas untuk peserta didik kelas XII IPA. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Pengembangan Four D (4D). Penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa pedoman wawancara dengan guru biologi, lembar validasi oleh validator ahli materi yang ditinjau dari segi kelayakan isi, konsruksi dan bahasa dan validator ahli pembelajaran yang ditinjau dari segi desain pengetahuan metakognitif, lembar penilaian oleh guru biologi dan lembar angket respon peserta didik untuk melihat kelayakan instrument pengetahuan metakognitif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Bedasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan instrument pembelajaran berbasis pengetahuan metakognitif layak untuk digunakan dengan persentase kevalidan dan keidealan secara keseluruhan oleh ahli materi yaitu 84,54% termasuk dalam kategori sangat baik, oleh ahli pembelajaran yaitu 80% (baik), penilaian oleh guru mata pelajaran biologi yaitu 97,5% (sangat baik) dan respon peserta didik terhadap kelayakan instrument pembelajaran pengetahuan metakognitif yaitu 4,52 (sangat baik). Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah telah menghasilkan instrument pembelajaran berbasis pengetahuan metakognitif pada materi pola-pola hereditas untuk siswa kelas XII IPA sebagai pedoman guru untuk meningkatkan pengetahuan metakognitif peserta didik dalam memahami konsep pola-pola hereditas.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011