SKRIPSI

Penulis / NIM
DESRIYANTI A. HUMOLUNGO / 431412004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. DJUNA LAMONDO, M.Si / 0018086407
Abstrak
ABSTRAK Desriyanti A. Humolungo. 2018. "Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Biologi Materi Sistem Reproduksi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lilan Dama, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Djuna Lamondo, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) Pada Materi Sistem Reproduksi. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan dengan model 4-D, tetapi pada penelitian ini hanya menggunakan 3 tahap yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), dan Develop (pengembangan). Instrumen dalam penelitian ini berupa pedoman wawancara dengan guru Biologi, Instrument validasi LKPD oleh validator ahli materi, ahli pendidikan, guru Biologi, dan angket untuk melihat respon peserta didik terhadap LKPD. Kualitas LKPD Biologi dinilai oleh ahli pendidikan, ahli materi, guru Biologi dan respon peserta didik terhadap LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD Biologi berbasis Problem Based Learning, berdasarkan perhitungan persentase keidealan secara keseluruhan oleh ahli materi yaitu 88,00 % (sangat baik), oleh ahli pendidikan yaitu 89,00 (sangat baik), oleh guru mata pelajaran Biologi yaitu 84% (sangat baik), dan respon peserta didik terhadap LKPD yaitu 88,7 % (sangat baik). Berdasarkan validasi ahli materi, ahli pendidikan, guru biologi dan respon peserta didik maka LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi sistem Reproduksi layak digunakan. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Problem Based Learning , Sistem Reproduksi ABSTRACT Humolungo, Desriyanti A. 2018. "The Development of Studentsâ Worksheet with Problem-Based Learning Model in Biology Subject with Reproduction System Learning Material. Undergraduate Thesis. Department of Biology, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dr. Lilan Dama, M.Pd. Co-Supervisor: Dr. Djuna Lamondo, M.Si. The objective of this research is to develop studentsâ worksheet in Reproduction System Learning Material. It employed a development model of 4-D; however, this study only used three stages, consisting of Define, Design, and Develop. The research instruments consisted of the interview with Biology teachers, studentsâ worksheet validated by learning material experts, educationalists, and questionnaires to find out studentsâ responses towards the worksheet. The quality of Biology studentsâ worksheet was assessed by educationalists, learning material experts, biology teachers, and studentsâ responses towards the worksheet. The results indicate that Biology studentsâ worksheet with Problem-Based Learning model ideally achieves a very good category on the whole with the percentage of 88.00% by the learning material experts, 89.00% by the educationalists, 84% by Biology teachers, and 88.7% by studentsâ responses towards the worksheet. Based on the validation of learning material experts, educationalists, and biology teachers, studentsâ worksheet with Problem-Based Learning model in Reproduction System material is, therefore, feasible to be applied. Keywords: Studentsâ Worksheet, Problem-Based Learning, Reproduction System
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011