Penulis / NIM
RESTI MAHESTI / 431412020
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd / 0020086606
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) melalui penilaian validator ahli materi, ahli pendidikan, guru biologi dan respon peserta didik terhadap LKPD dengan model Inquiri Terbimbing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Desseminate (penyebarluasan), tetapi untuk penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop (pengembangan) dengan alasan terkait dengan penerbitan dan implementasi dalam sekala luas membutuhkan biaya dan waktu yang panjang. Instrumen dalam penelitian ini adalah, instrumen wawancara dengan guru Biologi, instrumen validasi LKPD oleh validator ahli, instrumen penilaian LKPD oleh guru Biologi dan instrument respon peserta didik terhadap LKPD. Kualitas LKPD dinilai oleh ahli materi, ahli pendidikan, guru biologi dan respon siswa terhadap LKPD. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif berdasarkan kategori penilaian ideal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD dengan model Inquiri, berdasarkan perhitungan persentase keidealan secara keseluruhan oleh ahli materi yaitu 86,66% termasuk dalam kategori sangat baik, oleh ahli pendidikan yaitu sebesar 89,09% (Sangat Baik), oleh guru mata pelajaran Biologi yaitu 100,00% (Sangat Baik) dan respon siswa terhadap LKPD yaitu 87,84% (Sangat Baik).
Kata Kunci: Model Pengembangan Four-D, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Inquiri Terbimbing dan Virus
Download berkas