Penulis / NIM
LUSIYATI DOSONO / 431412024
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. JUSNA AHMAD, M.Si / 0006046210
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Melalui Praktikum berbasis Inkuiri Bebas dimodifikasi pada materi Gymnospermae dan untuk mendapatkan produk LKPD yang layak digunakan pada proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Desseminate) oleh Thiagarajan dkk, (1974) tetapi pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif berupa saran-saran perbaikan dari validator ahli, penilaian oleh guru biologi dan respon peserta didik terhadap LPKD yang dikembangkan. Analisis data untuk perhitungan persentase keidealan secara keseluruhan oleh ahli pendidikan yaitu 92,72% (sangat baik), oleh ahli materi yaitu sebesar 82,50% (sangat baik), penilaian oleh guru biologi yaitu 85,45% (sangat baik), dan hasil persentase respon peserta didik yaitu 90,22% (sangat baik). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu LKPD melalui praktikum berbasis inkuiri bebas dimodifikasi yang pada materi Gymnospermae yang dikembangkan memiliki kualitas yang baik dan bisa digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan LKPD, Inkuiri Bebas Dimodifikasi, Gymnospermae
Download berkas