Penulis / NIM
RABIHATUN ARMAN / 431412025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. NOVRI YOULA KANDOWANGKO, M.P / 0010116809
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) Biologi berbasis inkuiri melalui pemanfaatan tumbuhan lokal di Gorontalo. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan dengan model 4-D yang terdiri dari Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Desseminate (Penyebarluasan). Tetapi untuk penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop (Pengembangan), karena waktu yang dibutuhkan dalam tahap penyebarluasan sangat panjang. Instrumen dalam penelitian ini berupa: Wawancara dengan guru Biologi, instrumen validasi oleh validator ahli, instrumen penilaian LKPD oleh guru Biologi, dan instrumen respon peserta didik terhadap LKPD. Kualitas LKPD dinilai oleh ahli pendidikan, ahli materi, guru Biologi, dan respon peserta didik terhadap LKPD. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif berdasarkan kategori penilaian ideal. Hasil penelitian pada tahap Define menunjukan kurikulum yang digunakan di SMA Negeri 1 Kabila adalah kurikulum 2013, motivasi belajar yang dimiliki oleh peserta didik berbeda-beda dan belum ada LKPD tentang tumbuhan lokal yang diajarkan kepada peserta didik. Pada tahap Design terdapat perbedaan sistematika dan komponen LKPD yang digunakan di sekolah dan LKPD yang dikembangkan oleh peneliti. Pada tahap Develop menguji hasil validasi masing-masing memperoleh persentase nilai antara lain: ahli materi I yaitu: 91,11%, ahli materi II yaitu 100%, ahli pendidikan yaitu 84,09%, guru Biologi yaitu 100 % dan respon peserta didik yaitu 84,09%.
Kata Kunci: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik, Inkuiri, Pemanfaatan Tumbuhan Lokal.
Download berkas