Penulis / NIM
MAYANG PURNAMA DJOU / 431412041
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. ARYATI ABDUL, M.Kes / 0015045912
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis pengetahuan metakognitif pada materi pembelahan sel untuk siswa SMA kelas XII. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (Four D). Pada tahap define diperoleh hasil pendefinisian kebutuhan belajar meliputi pencapaian KI dan KD, hasil analisis karakteristik peserta didik, kebutuhan belajar peserta didik terhadap materi pembelahan sel dan perumusan tujuan pembelajaran. Tahap design menghasilkan rancangan awal desain bahan ajar berbasis pengetahuan metakognitif. Tahap develop bahan ajar berdasarkan penilaian: 1) Ahli materi diperoleh persentase keidealan bahan ajar sebesar 84.73% sehingga masuk kategori sangat baik 2) Ahli desain diperoleh persentase keidealan sebesar 90 % sehingga masuk kategori sangat baik. 3) Praktisi pembelajaran biologi diperoleh persentase keidealan sebesar 96.84% sehingga masuk kategori sangat baik. Hasil uji respon yang dilakukan kepada 10 orang peserta didik adalah seluruh pertanyaan mendapatkan respon positif dengan persentase nilai rata-rata sebesar 98.75%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pengembangan ini menghasilkan bahan ajar berbasis pengetahuan metakognitif pada materi pembelahan sel sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: Pembelahan Sel, Pengembangan Bahan Ajar, Pengetahuan Metakognitif.
Download berkas