Penulis / NIM
FITRIANI / 431412067
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. DJUNA LAMONDO, M.Si / 0018086407
Abstrak
ABSTRAK
Fitriani. 2016. "Pengembangan Instrumen Pembelajaran Berbasis Pengetahuan Metakognitif Pada Materi Pembelahan Sel Untuk Kelas XII IPA". Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Elya Nusantari, M.Pd dan Pembimbing II Dr. DJuna Lamondo, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan perangkat pembelajaran yang menghasilkan instrumen pembelajaran berbasis pengetahuan metakognitif pada materi pembelahan sel untuk kelas XII IPA. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Four D (4-D) yang terdiri dari define (Pendefinisian), Design (Perancangan), development (Pengembangan), dan dessiminate (Penyebarluasan). Tetapi untuk penelitian ini hanya sampai pada tahap Development (pengembangan). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kuisioner analisis kebutuhan, lembar validasi ahli, lembar penilaian guru biologi, angket respon peserta didik terhadap instrumen pembelajaran berbasis pengetahuan metakognitif pada materi pembelahan sel. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif berdasarkan kategori kevalidan dan penilaian ideal. Hasil penilaian ahli materi dan desain pembelajaran terhadap kriteria kevalidan menunjukkan instrumen pembelajaran berbasis pengetahuan metakognitif termasuk dalam kriteria sangat valid dengan nilai X = 67 berada pada rentang skor X > 63,9. Berdasarkan hasil penilaian guru biologi, instrumen pembelajaran berbasis pengetahuan metakognitif sangat valid dengan nilai X = 73 berada pada rentang skor X > 63, 9. Hasil penilaian ahli materi dan ahli desain pembelajaran terhadap kriteria kualitas instrumen menunjukkan instrumen pembelajaran berbasis pengetahuan metakognitif pada materi pembelahan sel termasuk dalam kariteria sangat baik dengan nilai P = 83,75 % berada pada rentang persentase 81 % - 100 % dan hasil penilaian guru biologi menunjukkan kualitas instrumen pembelajaran berbasis pengetahuan metakognitif juga sangat baik dengan nilai P = 91,25 %. Hasil uji respon peserta didik pada uji kelompok kecil instrumen menunjukkan instrumen pengetahuan metakognitif materi pembelahan sel termasuk kategori sangat baik dengan skor 4,50 berada pada rerata skor 4,26 - 5,25. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa instrumen pembelajaran berbasis pengetahuan metakognitif pada materi pembelahan sel untuk kelas XII IPA yang dihasilkan pada penelitian dan pengembangan ini sangat valid dan kualitasnya sangat baik.
Kata Kunci: Instrumen Pembelajaran, Pengetahuan Metakognitif, Pembelahan Sel
Download berkas