Penulis / NIM
NURJENANG MALIA / 431412075
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MARGARETHA SOLANG, M.S.i / 0015036808
Abstrak
ABSTRAK
Nurjenang Malia. 2016. Skripsi. Pengembangan Bahan Ajar Materi Echinodermata yang Berkarakteristik Problem Based Learning dengan Memanfaatkan Potensi Sumber Daya Lokal. Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Elya Nusantari, M.Pd, Pembimbing II Dr. Margaretha Solang, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar materi echinodermata yang berkarakteristik problem based learning dengan memanfaatkan potensi sumber daya lokal. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Four D (4-D) yang terdiri atas Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Desseminate (penyebarluasan), namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop (pengembangan). Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan validasi ahli serta penilaian praktisi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh validator ahli materi menunjukkan persentase keidealan sebesar 83,3%, sedangkan hasil validasi yang dilakukan oleh validator ahli desain menunjukkan persentase keidealan sebesar 88,8% dan penilaian oleh guru biologi menunjukkan persentase keidealan sebesar 95% serta respon keterbacaan peserta didik terhadap bahan ajar menunjukkan persentase keidealan sebesar 96,8%. Sehingga bahan ajar materi echinodermata yang berkarakteristik problem based learning dengan memanfaatkan potensi sumber daya lokal termasuk dalam kategori sangat baik.
Kata Kunci: Model Pengembangan 4-D (Four-D), Pengembangan Bahan Ajar, Potensi Lokal Echinodermata, Problem Based Learning
Download berkas