Penulis / NIM
SUSANTI SOLANGO / 431412078
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. ARYATI ABDUL, M.Kes / 0015045912
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis pengetahuan metakognitif pada materi genetik untuk siswa SMA Kelas XII IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D (Four-D). Pada tahap define diperoleh hasil pendefinisian kebutuhan belajar yang meliputi pencapaian KI dan KD, Hasil analisis karakter siswa, kebutuhan belajar siswa tentang materi genetik dan perumusan tujuan pembelajaran. Tahap design menghasilkan rancangan awal desain bahan ajar berbasis pengetahuan metakognitif. Tahap develop bahan ajar berdasarkan penilaian: 1) Ahli materi diperoleh persentase keideal an bahan ajar sebesar 85,55% sehingga termasuk dalam kategori "sangat baik". 2) Ahli desain isi diperoleh persentase keidealan bahan ajar sebesar 90,62% sehingga dikategorikan "sangat baik". 3) Praktisi pembelajaran biologi diperoleh persentase keidealan sebesar 98,94%. sehingga dikategorikan "sangat baik". Hasil uji respon yang dilakukan pada 10 peserta didik (responden) diperoleh persentase keidealan sebesar 98,12% sehingga dikategorikan "sangat baik". Kesimpulannya, penelitian ini telah menghasilkan bahan ajar berbasis pengetahuan metakognitif pada materi Genetik Untuk Siswa SMA Kelas XII IPA sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan Bahan ajar, Pengetahuan metakognitif, Materi genetik
Download berkas