SKRIPSI

Penulis / NIM
NURMIN HAMID / 431412079
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. NOVRI YOULA KANDOWANGKO, M.P / 0010116809
Abstrak
Nurmin Hamid. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Melalui Pemanfaatan Tumbuhan Lokal Angiospermae Di Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika Dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Dr. Elya Nusantari, S.Pd, M.Pd sebagai pembimbing 1 dan Pembimbing 2 Dr. Novri. Y. Kandowangko, M.P. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar biologi dengan model pembelajaran inkuiri melalui pemanfaatan tumbuhan lokal angiospermae di Gorontalo. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan bahan ajar dengan model 4-D (Four-D), tahap-tahapnya adalah Pendefenisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), dan Penyebarluasan (Disseminate). Mengingat waktu yang dibutuhkan sampai tahap penyebarluasan sangat panjang yakni melalui tiga tahapan pengujian validasi, pengemasan, penyebaran dan pemakaian, maka penelitian pengembangan bahan ajar ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi bahan ajar, dan lembar angket respon peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar, penyusunan bahan ajar berupa saran-saran dari validator bahan ajar. Analisis kuantitatif digunakan untuk menilai kelayakan draf bahan ajar yang telah divalidasi oleh validator bahan ajar, guru biologi dan respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi yang dilakukan oleh validator ahli materi adalah 98,33%, ahli desain 88,89%, guru biologi 94%, sehingga bahan ajar pada topik pemanfaatan tumbuhan lokal angiospermae layak diuji coba pada kelompok kecil di SMA kelas X di Provinsi Gorontalo. Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Model Pembelajaran Inkuiri, Tumbuhan Lokal Angiospermae.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011