Penulis / NIM
SISKAWATI HERMIN / 431412080
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd / 0020086606
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Abstrak
Siskawati Hermin, 2018. Validitas Media Pembelajaran Teka-Teki Silang (TTS) Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Untuk Siswa Kelas VII IPA SMP/MTs". Skripsi. Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Ani M. Hasan, M.Pd. dan Pembimbing II Dr. Elya Nusantari, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat validitas media teka-teki silang materi klasifikasi makhluk hidup yang efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas VII IPA SMP/MTs. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development) menurut Sugiono yang terdiri dari 10 tahapan pengembangan. Namun, dalam penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap 5 yakni revisi desain. Validitas media teka-teki silang yang dikembangkan dilihat dari aspek penilaian meliputi: aspek kelayakan materi/isi, aspek kurikulum, aspek kebahasaan dan kejelasan kalimat, aspek penyajian, dan aspek kegrafikan. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif. Media teka-teki silang akan divalidasi oleh validator ahli dan validator pengguna atau praktisi. Hasil validasi kelayakan media teka-teki silang pada materi klasifikasi makhluk hidup yang dikembangkan mendapat persentase keidealan 83,8% oleh validator ahli dan 84,79 oleh validator pengguna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media teka-teki silang pada materi klasifikasi makhluk hidup yang dikembangkan dinyatakan valid dan media teka-teki silang ini layak diujicobakan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Teka-Teki Silang, Klasifikasi Makhluk Hidup
Download berkas