Penulis / NIM
RILAN HUATA / 431412081
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MARGARETHA SOLANG, M.S.i / 0015036808
Abstrak
ABSTRAK
Rilan, Huata. 2016.Skripsi. Pengembangan Bahan Ajar Materi Mollusca yang Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Memanfaatkan Potensi Lokal Daerah Gorontalo. Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Elya Nusantari, S.Pd, M.Pd dan Pembimning 2 Dr. Margaretha Solang, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar materi mollusca yang berbasis inkuiri dengan memanfaatkan potensi lokal daerah Gorontalo. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan bahan ajar, model pengembangan 4-D (Four-D). Pada model pengembangan 4-D (Four-D) tahap-tahapnya adalah pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebarluasan. Pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Analisis data yang digunakan pada penelitian pengembangan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh validator ahli materi sangat layak digunakan dengan rentang skor 83,3%, validator desain menunjukkan rentang skor 87,7%, valdiator guru biologi menunjukkan hasil sangat layak dengan rentang skor 83%. Hasil dari validator ahli materi, ahli desain dan validator guru biologi pada penilaian bahan ajar menyatakan sangat layak. Respon peserta didik terhadap bahan ajar yang diuji cobakan dalam kelompok kecil yang berjumlah 10 orang menyatakan bahan ajar materi mollusca yang berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan sangat layak dengan rentang skor 89,7%.
Kata Kunci: Model pengembangan 4-D (Four-D, Pengembangan Bahan Ajar, Potensi Lokal, Mollusca, Inkuiri Terbimbing
Download berkas