Penulis / NIM
FRANDISKA Y. MONOARFA / 431412083
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. ARYATI ABDUL, M.Kes / 0015045912
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar mutasi berbasis pengetahuan metakognitif untuk siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4-D (Four-D). Pada tahap define diperoleh hasil pendefinisian kebutuhan belajar yang meliputi pencapaian KI dan KD, hasil analisis karakter siswa, hasil analisis kebutuhan belajar siswa tentang materi mutasi dan hasil analisis perumusan tujuan pembelajaran. Tahap design menghasilkan rancangan awal desain bahan ajar mutasi berbasis pengetahuan metakognitif. Tahap develop bahan ajar berdasarkan penilaian: 1) ahli materi diperoleh persentase keidealan bahan ajar sebesar 86,31%, sehingga masuk kategori sangat baik, 2) ahli desain isi diperoleh persentase keidealan bahan ajar sebesar 90,62%, sehingga masuk kategori sangat baik, 3) praktisi pembelajaran biologi diperoleh persentase keidealan bahan ajar sebesar 97,89% sehingga masuk kategori sangat baik. Hasil uji respon kepada 10 siswa (responden) diperoleh respon positif dengan persentase 98,75%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pengembangan ini menghasilkan bahan ajar berbasis pengetahuan metakognitif pada materi mutasi sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Pengetahuan Metakognitif, Mutasi
Download berkas