Penulis / NIM
MAHDIE H. DUKALANG / 431412084
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. ARYATI ABDUL, M.Kes / 0015045912
Abstrak
Mahdie Dukalang. 2017. Pengembangan Instrumen Pembelajaran Berbasis Pengetahuan Metakognitif Pada Materi Mutasi Untuk Kelas XII IPA. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika Dan Ipa, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Elya Nusantari, S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing 2 Dra. Aryati Abdul M.Kes
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument pembelajaran berbasis pengetahuan metakognitif pada materi mutasi untuk kelas XII IPA. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D (Four- D). Pada model pengembangan 4-D (Four-D) tahap-tahapnya adalah pendefenisian, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan. Penelitian pengembangan instrument ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket wawancara kepada guru biologi, lembar validasi instrument pengetahuan metakogntif oleh dosen ahli dan guru biologi, data penilaian kelayakan instrument pengetahuan metakognitif melalui respon peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan instrument pembelajaran berbasis pengetahuan metakognitif pada materi mutasi berdasarkan perhitungan presentase keidealan secara keseluruhan oleh ahli materi yaitu 84,45% termasuk dalam kategori sangat baik, ahli desain pembelajaran yaitu 84% termasuk dalam kategori sangat baik, guru biologi 96,25% dalam kategori sangat baik, respon peserta didik terhadap instrument pembelajaran berbasis pengetahuan metakognitif 4,64 dalam kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah telah menghasilkan instrument pembelajaran berbasis pengetahuan metakognitif pada materi mutasi untuk peserta didik kelas XII IPA sebagai pedoman guru untuk meningkatkan pengetahuan metakognitf peserta didik dalam memahami konsep mutasi
Kata Kunci: Instrumen Pembelajaran, Metakognitif, Konsep Mutasi
Download berkas