Penulis / NIM
SRI SUSANTI KARIM / 431412091
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. JUSNA AHMAD, M.Si / 0006046210
Abstrak
Sri Susanti Karim. 2016. Pola Interaksi Siswa Dalam Pembelajaran IPA Materi Asam Basa Garam Melalui Implementasi Lesson Study Di SMP Negeri 1 Talaga Jaya Tahun 2016. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi, Fakultas Matematika Dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lilan Dama, S,Pd., M.Pd dan Pembimbing II Dr. Jusna Ahmad, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pola Interaksi Siswa Dalam Pembelajaran IPA Materi Asam Basa Garam Melalui Implementasi Lesson Study Di SMP Negeri 1 Talaga Jaya. Hasil akhir dari penelitian ini diharapkan dapat berguna dalam kegiatan belajar mengajar baik untuk peserta didik maupun untuk guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melakukan observasi, dokumentasi dan wawancara. Observasi dan dokumentasi dilakukan pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung sedangkan kegiatan wawancara dilakukan secara tidak terstruktur setelah kegiatan pembelajaran dimulai. Observasi bersifat partisipatif dengan mengisi lembar pengamatan aktifitas siswa dan dari hasil tersebut penulis dapat menentukan pola interaksi siswa yang muncul selama kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Lesson Study berhasil untuk meingkatkan pola interaksi siswa dengan perolehan presentase selama kegiatan pembelajaran pada tahapan Lesson Study yaitu untuk Open class 1 adalah interaksi siswa-guru 26.43%, interaksi siswa-siswa 65.18%. Sedangkan untuk Open class 2 mengalami peningkatan yaitu interaksi siswa-guru 45.99%, interaksi siswa-siswa 69.48%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dengan Implementasi Lesson Study pada pembelajaran IPA materi Asam Basa Garam di SMP Negeri 1 Talaga Jaya dapat meningkatkan pola interaksi siswa.
Kata kunci : Implementasi Lesson Study, Pola interaksi siswa
Download berkas