Penulis / NIM
NURFIZRIANTI ADAM / 431413005
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRA LATJOMPOH, M.Pd / 0012026703
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MUSTAMIN IBRAHIM, M.Si / 0016066804
Abstrak
ABSTRAK
Nurfizrianti Adam 431 413 005. 2020, ..."Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pairs Share (TPS) pada mata pelajaran biologi materi sistem ekskresi pada manusia kelas XI IPA 1 SMA Negeri 4 GorontaloSkripsi. Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Mipa, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dr. Masra Latjompoh, M.Pd dan Pembimbing II Bapak Drs. Mustamin Ibrahim M.Si pelaksanaan penelitian ini di dasarkan pada rumusan masalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran biologi materi sistem ekskresi di kelas XI IPA I SMA N 4 Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Objek penelitian berjumlah 30 orang. Tahapan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yakni lembar pengamatan untuk menilai kegiatan Guru, lembar pengamatan untuk menilai kegiatan siswa, dan lembar tes untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilaksanakan secara kuantitatif pada setiap akhir siklus pembelajaran dengan menggunakan data hasil observasi kegiatan Guru dan aktivitas siswa serta data hasil belajar siswa.
Hasil penelitian ini adalah 1) siswa yang memperoleh hasil belajar minimal 75 meningkat dari 46,67% hasil observasi awal menjadi 63.33% hasil siklus I dan meningkat lagi menjadi 86.67% hasil siklus II, 2) hasil pengamatan kegiatan guru yang termaksud pada kategori sangat baik meningkat dari 60% siklus I menjadi 86.7% pada siklus II, dan 3) hasil pengamatan kegiatan siswa yang termaksud pada kategori sangat baik meningkat 61% siklus I menjadi 80,7% hasil siklus II.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share (TPS)
Download berkas