Penulis / NIM
SUSANTI ISMAIL / 431413022
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd / 0020086606
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Abstrak
Susanti Ismail. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Perubahan Lingkungan di SMA Kelas X MIA. Skripsi, Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Ani M Hasan, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Elya Nusantari, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang Berbasis problem based learning pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini menggunakan penelitian model 4-D (define, design, develop, dissemenate). Instrument dalam penelitian ini berupa instrument wawancara dengan guru Biologi, instrument validasi oleh validasi ahli, instrument penilaian oleh guru Biologi, instrument respon peserta didik terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif berdasarkan kategori penilaian ideal. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan LKPD berdasarkan perhitungan presentasi keidealan secara keseluruhan oleh ahli materi yaitu 80,00% (Valid), guru mata pelajaran Biologi yaitu 91,42% (Sangat Valid), dan respon peserta didik terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yaitu 87,69% (Sangat Valid). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa LKPD berbasis problem based learning pada materi perubahan lingkungan dinyatakan valid.
Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Problm Based Learning, Model Pengembangan 4-D (define, design, develop, dissemenate), Perubahan Lingkungan.
Download berkas