Penulis / NIM
SUSANTI LATIF / 431413024
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. NOVRI YOULA KANDOWANGKO, M.P / 0010116809
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi lesson study untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam kelompok pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 2 Gorontalo. Penelitian dilaksanakan melalui kegiatan lesson study sebanyak 3 kali open class. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar pengamatan lesson study dan lembar observasi aktivitas belajar siswa yang terdiri dari 8 (delapan) aktivitas belajar yaitu aktivitas visual, aktivitas lisan, aktivitas mendengar, aktivitas menulis, aktivitas menggambar, aktivitas gerak, aktivitas mental, aktivitas emosional. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa dalam kelompok mengalami peningkatan. Open class 1 rata-rata aktivitas belajar siswa dalam kelompok memperoleh presentase 69,2%, open class 2 rata-rata aktivitas belajar siswa dalam kelompok mengalami peningkatan menjadi 77%, selanjutnya untuk open class 3 rata-rata aktivitas belajar siswa dalam kelompok meningkat menjadi 83%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan lesson study aktivitas belajar siswa dalam kelompok pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 2 Gorontalo kelas XI IPA 3 mengalami peningkatan.
Kata kunci: Lesson study, Aktivitas belajar siswa dalam kelompok
Download berkas