Penulis / NIM
RIANTY BAHARUDIN / 431413025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd / 0020086606
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Abstrak
Rianty Baharudin, 2017. Skripsi "Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri-STAD terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X pada Materi Tumbuhan Di SMA Negeri 1 Telaga" Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Prof. Dr. Ani M Hasan, M.Pd Pembimbing I dan Dr. Lilan Dama, S.Pd, M.Pd Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri-STAD terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X pada materi tumbuhan di SMA Negeri 1 Telaga. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan Quasi Experimental Design dengan rancangan Non Equivalent Control Group Design yang terdiri dari dua kelompok perlakuan, yaitu kelas X Mia5 sebagai kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran Inkuiri-STAD dan kelas X Mia4 sebagai kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD. Data diperoleh berdasarkan nilai hasil pretest dan posttest siswa. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan ANAVA A, diperoleh nilai Fhitung sebesar 4.32 dan nilai Ftabel sebesar 4.08. Jumlah Fhitung yang memiliki nilai lebih besar dari Ftabel menggambarkan bahwa H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri-STAD terhadap hasil belajar kognitif siswa di SMA Negeri 1 Telaga.
Kata kunci: Model pembelajaran Inkuiri-STAD, hasil belajar kognitif, materi tumbuhan
Download berkas