Penulis / NIM
HAPSARI DWI MAHARANI / 431413040
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. ARYATI ABDUL, M.Kes / 0015045912
Abstrak
Hapsari Dwi Maharani. 2017. Penerapan model kooperatif tipe Jigsaw pada
materi pewarisan sifat untuk meningkatkan kognitif dan psikomotor peserta didik
kelas IX di SMP Negeri 1 Telaga, Kabupaten Gorontalo. Prodi Pendidikan
Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,
Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Elya Nusantari, S.Pd, M.Pd dan
pembimbing II Dra. Aryati Abdul, M.Kes.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model kooperatif tipe Jigsaw
pada materi pewarisan sifat untuk meningkatkan kognitif dan psikomotor peserta
didik di SMP Negeri 1 Telaga Tahun Ajaran 2016 sampai dengan 2017 di Kelas
IX.2. Metode penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data adalah
dengan menggunakan instrumen-instrumen penilaian seperti tes dan lembar
observasi kegiatan guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan sebagai
berikut (1) penerapan model kooperatif tipe Jigsaw dalam materi pewarisan sifat
dapat meningkatkan kognitif dan psikomotor peserta didik di SMP Negeri 1
Telaga kelas IX.2, untuk kognitif daya serap peserta didik pada siklus 1
pertemuan 1 (56%), pertemuan 2 (73%) dan pada siklus 2 meningkat menjadi
89%. Kemudian untuk penilaian psikomotor pada pertemuan pertama siklus 1,
peserta didik yang mendapatkan nilai kompetensi â (76-80) hingga (100) dengan
kategori Baik dan Sangat Baik yakni 36%, pertemuan 2 meningkat hingga 88,5%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
kooperatif tipe Jigsaw pada materi pewarisan sifat dapat meningkatkan kognitif
dan psikomotor peserta didik kelas IX di SMP Negeri 1 Telaga.
Kata Kunci: Penerapan model kooperatif tipe Jigsaw pada materi pewarisan
sifat untuk meningkatkan kognitif dan psikomotor peserta didik
Download berkas