Penulis / NIM
WIDYAWATY DEVI DEVANTY / 431414008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RAMLI UTINA, M.Pd. / 0004085507
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. DEWI WAHYUNI K BADERAN, S.Pd., M.Si / 0014097902
Abstrak
ABSTRAK
Widyawaty Devi Devanty. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Materi Hutan Mangrove untuk Menumbuhkan Karakter Tanggung Jawab pada Peserta Didik (Suatu Penelitian yang Dilakukan di Kelas IV SD di Kabupaten Boalemo) . Hasil. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Ramli Utina, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Dewi Wahyuni K. Baderan S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tentang hutan mangrove yang valid, praktis dan efektif dalam pembentukan karakter tanggung jawab. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research dan Development).validitas diukur berdasarkan hasil validasi oleh dosen dan guru IPA. Kepraktisan diukur berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa. Keefektifan diukur berdasarkan respon siswa dan hasil belajar siswa. Hasil validasi bahan ajar 75%-100% sehingga bahan ajar ini dikategorikan "valid dan "sangat valid. Hasil kepraktisan menunjukkan presentase keterlaksanaan pembelajaran yaitu pada uji terbatas I dan uji terbatas II mendapatkan nilai 100% dengan kategori sangat baik, untuk aktivitas siswa uji terbatas I 85%-98% dengan kategori sangat baik dan uji terbatas II 89%-98% dengan kategori sangat baik. Hasil keefektifan berdasarkan respon siswa uji terbatas I 70%-100% dengan kategori baik dan sangat baik dan uji terbatas II 85%-100% dengan kategori sangat baik, untuk tes hasil belajar uji terbatas I
Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar, Materi Hutan Mangrove, Karakter Tanggung Jawab
ABSTRACT
Devanty, Widyawaty Devi. 2018. Development of a Mangrove Forest Instructional Media in Promoting Studentsâ Responsibility (A Research Conducted at Class IV Elementary School, Boalemo Regency). Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Prof. Dr. Ramli Utina, M.Pd. Co-supervisor: Dr. Dewi Wahyuni K. Baderan, S.Pd., M.Si.
This research aims to develop a valid, practical and effective instructional media focusing on a topic of mangrove forests to promote studentsâ responsibility. The validity of this research and development study is based on the validation by a lecturer and natural sciences teachers. Furthermore, the practicality is measured from the learning conduct and studentsâ activities, while the effectiveness is examined from the studentsâ responses and learning outcome. The validation of the instructional media reaches 75%-100%, meaning that the media fall under "valid and "highly valid category. The result of practicality assessment reveals that the learning conduct in the limited test I and II scores 100%, very good category. The implementation of both tests, for the studentsâ activities variable, is in the very good category, with the percentage ranging from 85%-98% and 89%-98% in the test I and test II respectively. The result of the effectiveness test based on the studentsâ responses in the limited test I and II is categorized very good with the percentage ranging from 70%-100% and 85%-100% respectively.
Keywords: Development of Instructional Media, Mangrove Forest Lesson, Responsibility
Download berkas