SKRIPSI

Penulis / NIM
FEBRIYANTI DJIBU / 431414009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. ARYATI ABDUL, M.Kes / 0015045912
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MASRA LATJOMPOH, M.Pd / 0012026703
Abstrak
Febriyanti Djibu. 2018. Penerapan Pembelajaran Berbasis Pengetahuan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Evolusi Di SMA Negeri 1 Telaga. Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Dra. Aryati Abdul, M.Kes sebagai pembimbing I dan DR. Masra Latjompoh, M.Pd sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan pembelajaran berbasis pengetahuan metakognitif terhadap hasil belajar siswa pada materi evolusi di SMA Negeri I Telaga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian pra eksperimental yakni rancangan one group pretest and posttest design. Kelas yang digunakan sebagai kelas penelitian yakni XII MIA 4 dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang, dipilih berdasarkan kriteria ketuntasan belajar yang bersifat homogen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari soal-soal berbasis pengetahuan metakognitif, RPP, LKS, lembar aktivitas guru dan lembar aktivitas siswa. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan rumus aktivitas guru, aktivitas siswa, ketuntasan individual, nilai rata-rata kelas dan N-Gain siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dari pertemuan I ke pertemuan II, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa juga mengalami peningkatan. Hasil belajar yang diperoleh siswa pada pertemuan I dengan nilai rata-rata pretest yakni 25 dan nilai rata-rata posttest yakni 76, sedangkan pada pertemuan II nilai rata-rata pretest yakni 41 dan nilai rata-rata posttest yakni 85. Peningkatan hasil belajar dibuktikan dengan Nilai N-gain yang diperoleh siswa termasuk dalam kategori tinggi baik pada saat pertemuan I yakni 0.71, pertemuan II yakni 0.75 dan nilai N-Gain selama dua kali pertemuan yakni 0.73. Kata kunci: Aktivitas guru & siswa, Hasil Belajar, Pengetahuan Metakognitif, Evolusi
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011