Penulis / NIM
FEBRIYANTI DJIBU / 431414009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. ARYATI ABDUL, M.Kes / 0015045912
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MASRA LATJOMPOH, M.Pd / 0012026703
Abstrak
Febriyanti Djibu. 2018. Penerapan Pembelajaran Berbasis Pengetahuan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Evolusi Di SMA Negeri 1 Telaga. Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Dra. Aryati Abdul, M.Kes sebagai pembimbing I dan DR. Masra Latjompoh, M.Pd sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan pembelajaran berbasis pengetahuan metakognitif terhadap hasil belajar siswa pada materi evolusi di SMA Negeri I Telaga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian pra eksperimental yakni rancangan one group pretest and posttest design. Kelas yang digunakan sebagai kelas penelitian yakni XII MIA 4 dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang, dipilih berdasarkan kriteria ketuntasan belajar yang bersifat homogen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari soal-soal berbasis pengetahuan metakognitif, RPP, LKS, lembar aktivitas guru dan lembar aktivitas siswa. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan rumus aktivitas guru, aktivitas siswa, ketuntasan individual, nilai rata-rata kelas dan N-Gain siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dari pertemuan I ke pertemuan II, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa juga mengalami peningkatan. Hasil belajar yang diperoleh siswa pada pertemuan I dengan nilai rata-rata pretest yakni 25 dan nilai rata-rata posttest yakni 76, sedangkan pada pertemuan II nilai rata-rata pretest yakni 41 dan nilai rata-rata posttest yakni 85. Peningkatan hasil belajar dibuktikan dengan Nilai N-gain yang diperoleh siswa termasuk dalam kategori tinggi baik pada saat pertemuan I yakni 0.71, pertemuan II yakni 0.75 dan nilai N-Gain selama dua kali pertemuan yakni 0.73.
Kata kunci: Aktivitas guru & siswa, Hasil Belajar, Pengetahuan Metakognitif, Evolusi
Download berkas