Penulis / NIM
NUR'AIN LAGUA / 431414011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. DJUNA LAMONDO, M.Si / 0018086407
Abstrak
ABSTRAK
Nur'ain Lagua. 2018. Penerapan Pembelajaran Berbasis Pengetahuan Metakognitif Pada Materi Pembelahan Sel Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo. Program Studi Pendidikan Biologi. Jurusan Biologi. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Dr. Elya Nusantari, M.Pd sebagai pembimbing I dan Dr. Djuna Lamondo, M.Si sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran berbasis pengetahuan metakognitif pada materi pembelahan sel pada siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Telaga. Penelitian ini adalah penelitian Deskriptif kuantitatif. Sasaran penelitian ini yaitu kelas XII MIA V tahun pelajaran 2017-2018 melalui kriteria ketuntasan belajar. Maka hasil penelitian yang diperoleh bahwa, pada pertemuan pertama dengan nilai rata-rata pre-test yaitu 15.56% dan nilai rata-rata post-test yaitu sebesa 78.84%. Pada pertemuan kedua nilai rata-rata pretest yang dipeoleh siswa yaitu 16.21% sedangkan untuk nilai post-test yaitu 75.39%. Kemuadian untuk pertemuan ketiga nilai rata-rata pretest yang diperoleh siswa yaitu sebesar 23.37% sedangkan nilai post-test yaitu 80.15%. Nilai N-gain siswa dengan kategori tinggi pada setiap pertemuan. Pertemuan kesatu 0,74%, pertemuan kedua 0.71% dan pertemuan ketiga 0.74%.
Kata kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran berbasis pengetahuan metakognitif, Materi Pembelahan Sel
Download berkas