Penulis / NIM
MARICE LASANTU / 431414058
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MUSTAMIN IBRAHIM, M.Si / 0016066804
Abstrak
Marice Lasantu. 2018. "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) pada Kelas XI IPA-5 di SMA Negeri 1 Gorontalo". Program Studi Pendidikan Biologi. Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Dr. Lilan Dama, M.Pd sebagai pembimbing I dan Drs. Mustamin Ibrahim, M.Si sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan proses pembelajaran (kegiatan guru dan kegiatan siswa) melalui penerapan model pembelajaran Number Head Together (NHT) pada materi sistem reproduksi di SMA Negeri 1 Gorontalo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, siklus I menjelaskan tentang struktur dan fungsi organ reproduksi manusia, gametogenesis, dan fertilisasi sedangkan siklus II menjelaskan tentang teknologi dalam reproduksi manusia dan kelaianan pada reproduksi manusia. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-5 SMA Negeri 1 Gorontalo. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT). Hasil penelitian menunjukan hasil belajar siswa untuk siklus I dari 30 orang siswa terdapat 63% atau 19 orang siswa yang tuntas dan 37% atau 11 orang siswa yang tidak tuntas, pada siklus II memperoleh nilai sebesar 80% atau 24 orang siswa yang tuntas dan 20% atau 6 orang siswa yang tidak tuntas. Dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran Number Head Together (NHT)dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi.
Kata kunci : Model pembelajaran Number Head Together (NHT), Hasil Belajar Siswa, Materi sistem reproduksi.
Download berkas