Penulis / NIM
SAIDA IBRAHIM / 431414061
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. HARTONO D MAMU, M.Pd / 0009046505
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MUSTAMIN IBRAHIM, M.Si / 0016066804
Abstrak
Saida Ibrahim. 2018. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token dengan Media Picture Puzzle pada Materi Sistem Koordinasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berinteraksi dalam Kegiatan Diskusi dan Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Dungaliyo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Dr. Hartono D. Mamu, M.Pd sebagai pembimbing I dan Drs. Mustamin Ibrahim, M.Si sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berinteraksi dalam kegiatan diskusi dan hasil belajar siswa pada materi sistem koordinasi di SMA Negeri I Dungaliyo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 SMAN 1 Dungaliyo yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kemampuan berinteraksi dalam kegiatan diskusi siswa meningkat (siklus I 64.3 % meningkat menjadi 74.4 % pada siklus II dan meningkat menjadi 79.5 % pada siklus III) (2) hasil belajar siswa meningkat (siklus I persentase ketuntasan klasikal 64, meningkat pada siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal 76 % dan pada siklus III meningkat dengan persentase ketuntasan klasikal 84 %. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token dengan media Picture Puzzle dapat meningkatkan kemampuan berinteraksi dalam kegiatan diskusi dan hasil belajar siswa pada materi Sistem Koordinasi.
Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif tipe Time Token, Picture Puzzle, Kemampuan Berinteraksi dalam Kegiatan Diskusi, Hasil Belajar, Sistem Koordinasi.
Download berkas