SKRIPSI

Penulis / NIM
HARDIANTI S. LANDENGO / 431414077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRA LATJOMPOH, M.Pd / 0012026703
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MARGARETHA SOLANG, M.S.i / 0015036808
Abstrak
ABSTRAK Hardianti S. Landengo. 2018. Penerapan Bahan Ajar Berbasis Potensi Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Mollusca. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Dr. Masra Latjompoh M.Pd sebagai pembimbing I dan Dr. Margaretha Solang, M.Si sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi Mollusca melalui penerapan bahan ajar berbasis potensi lokal. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 5 dan X MIA 6 SMAN 1 Telaga yang berjumlah 25 orang siswa pada setiap kelas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dengan menggunakan bahan ajar yang telah dikembangkan oleh peneliti sebelumnya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa pertemuan I untuk kelas X MIA 5 nilai pretest 40.44 dan nilai posttest 67.11, dan kelas X MIA 6 nilai pretest 37.33 dan posttest 64.44. Pertemuan II kelas X MIA 5 nilai pretest 65.11 dan nilai posttest yaitu 87.11, dan kelas X MIA 6 nilai pretest 45.11 dan nilai posttest yaitu 84.44. (2) Nilai N-Gain pertemuan I kelas X MIA 5 sebesar 0.40 (kategori sedang), pada pertemuan II meningkat menjadi 0.61 (kategori sedang). N-Gain pertemuan I kelas X MIA 6 sebesar 0.40 (kategori sedang), pada pertemuan II meningkat menjadi 0.77 (kategori tinggi). Hasil penelitian ini menujukkan bahwa penerapan bahan ajar berbasis potensi lokal dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Mollusca. Kata kunci: Bahan Ajar, Mollusca, Potensi Lokal, Hasil Belajar. ABSTRACT Landengo, Hardianti S. 2018. The Application of Teaching Materials Based on Local Potential to Improve Learning Outcomes in Mollusca Material. Undergraduate Thesis, Department of Biology, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dr. Masra Latjompoh M.Pd. Co-supervisor: Dr. Margaretha Solang, M.Si. This study aims to determine the increase students learning outcomes and how much increase through the application of Gorontalo local potential-based teaching materials. The sample of this study were students of class X MIA 5 and X MIA 6 at Senior High School of SMAN 1 Telaga, totaling 25 students in each class. This research is a quantitative descriptive study which was conducted in two meetings using teaching materials developed by previous researchers. Data collection techniques are carried out through observation and tests. The results show that: (1) students learning outcomes in the first meeting for class X MIA 5 were 40.44 for pretestand 67.11 for posttest, class X MIA 6 37.33 for pretest and 64.44 for posttest. The second meeting of class X MIA 5 was 65.11 for pretest and 87.11 for posttest; and, class X MIA 6 was 45.11 for pretest and 84.44 for posttest. (2) The N-Gain value of the first meeting of class X MIA 5 was 0.40 (medium category), at the second meeting increased to 0.61 (medium category). N-Gain at the first meeting of class X MIA 6 was 0.40 (medium category), at the second meeting increased to 0.77 (high category). The results of this study indicate that the application of local potential-based teaching materials can improves students learning outcomes in Mollusca material. Keywords: Teaching Materials, Mollusca, Local Potential, Learning Outcomes.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011