Penulis / NIM
SULIASTUTI SANDRA DEWI / 431414086
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRA LATJOMPOH, M.Pd / 0012026703
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Abstrak
ABSTRAK
Suliastuti Sandra Dewi. 2018. "Penerapan Metode Giving Question and Getting Answer (GQGA) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Plantae". Program Studi Pendidikan Biologi. Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Dr. Masra Latjompoh, M.Pd sebagai pembimbing I dan Dr. Lilan Dama, M.Pd sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi plantae melalui penerapan metode Giving Question and Getting Answer (GQGA). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari beberapa fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar kognitif siswa meningkat dari hasil belajar sebelumnya. Hal ini terlihat dari hasil belajar perolehan siswa pada siklus I dari 33 orang siswa terdapat 69,70% atau 23 orang siswa yang tuntas dan 30,30% atau 10 orang siswa yang tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II memperoleh nilai sebesar 90,91% atau 30 orang siswa yang tuntas dan 9,09% atau 3 orang siswa yang tidak tuntas. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Giving Question and Getting Answer (GQGA) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi plantae di kelas X IPA-4 SMA Negeri 1 Telaga.
Kata kunci : Metode Giving Question and Getting Answer (GQGA), Hasil Belajar Kognitif Siswa, Materi Plantae
Download berkas