Penulis / NIM
SRIWULANDARI DUENGO / 431415033
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRA LATJOMPOH, M.Pd / 0012026703
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MUSTAMIN IBRAHIM, M.Si / 0016066804
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran SMART pada materi sistem pencernaan manusia di SMP Negeri 3 Paguyaman. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Produk yang dikembangkan berupa RPP dan LKPD pada materi sistem pencernaan manusiauntuk siswa kelas VIII SMP dengan model pembelajaran SMART. Hasil penilaian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan memenuhi kriteria kualitas yaitu valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi RPP oleh para ahli memperoleh persentase skor berkisar antara 91.5% sampai dengan 100% sedangkan untuk LKPD memperoleh persentase skor berkisar antara 83,25% sampai dengan 100%. Persentase keterkaksanaan pembelajaran memperoleh skor berkisar antara 75%-100% sedangkan untuk presentase aktivitas siswa memperoleh skor berkisar antara 70.32% sampai dengan 97.7%.Keefektifan perangkat pembelajaran yang ditunjukkan dengan hasil belajar siswa sebesar 93,7% dan rata-rata persentase respon siswa berkisar antara 87.5% sampai dengan 100% yang menunjukkan kriteria respon yang positif. Untuk tes kemampuan berpikir siswa, rata-rata kemampuan berpikir siswa SMP kelas VIII B SMP Negeri 3 Paguyaman dominan pada tingkat multistruktural. Berdasrkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran SMART pada materi sistem pencernaan manusia memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk melatih kemampuan berpikir siswa SMP Negeri 3 Paguyaman.
Download berkas