SKRIPSI

Penulis / NIM
YUNANGSI HARUN / 431415034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRA LATJOMPOH, M.Pd / 0012026703
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MUSTAMIN IBRAHIM, M.Si / 0016066804
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendesripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran Learning cycle pada materi sistem gerak manusia di SMA Negeri 1 Kabila. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 4 di sekolah SMA Negeri 1 Kabila. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menghasilkan produk berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Tes. Hasil penilaian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Hasil ini dapat dilihat melalui validitas perangkat pembelajaran dilihat dari hasil validasi oleh validator ahli dan validator praktisi berkisar dari 75%-100%. Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran berkisar dari 50%-100% dan aktivitas siswa berkisar dari 54%-100%. Keefektivan perangkat pembelajaran dilihat dari tes penguasaan konsep siswa berkisar dari 51%-85% dan respon siswa berkisar dari 88%-100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran Learning cycle pada materi sistem gerak manusia di SMA Negeri 1 Kabila memenuhi criteria valid, praktis dan efektif.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011