SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI MEYLAN HIPPY / 431415037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. ARYATI ABDUL, M.Kes / 0015045912
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran metakognitif terhadap peningkatan kemampuan keterampilan argumentasi siswa pada materii evolusi di SMA Negeri 1 Telaga. Kelas yang digunakan sebagai kelas penelitian yakni kelas XII MIA 2 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari soal-soal berbasis pengetahuan metakognitif, lembar keterlaksanaan guru, lembar aktivitas siswa dan rubrik penilaian argumentasi. Metode yang digunakan deskriptif kuantitatif. Design penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimentasl non design dengan rancangan one-group pretest and posttest design dan uji t untuk melihat peningkatan pembelajaan metakognitif terhadap keterampilan argumentasi siswa. Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai keterlaksanaan guru sebesar 90.4% kategori sangat baik aktivitas siswa menunjukan hasil rata-rata sebesar 96% kategori sangat baik. Hasil pengujian uji t untuk hasil pretest dan posttest menunjukan thitung = 155.807 > ttabel = 1.711 pada taraf 0.05 dk n-1, dengan tingginya hasil pembelajaran metakognitif menunjukan terdapat peningkatan terhadap keterampilan argumentasi.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011