Penulis / NIM
ARISKAWATI HASAN / 431415060
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRA LATJOMPOH, M.Pd / 0012026703
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. DJUNA LAMONDO, M.Si / 0018086407
Abstrak
Ariskawati Hasan. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Strategi PQ4R pada Materi Sistem Ekskresi di SMP Negeri 1 Telaga, Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Dr. Masra Latjompoh, M.Pd sebagai Pembimbing I dan Dr. Djuna Lamondo, M.Si sebagai pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran berorientasi strategi PQ4R pada materi Sistem Ekskresi Manusia yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan yaitu aktivitas riset dasar untuk mendapatkan informasi kebutuhan pengguna kemudian dilanjutkan kegitan pengembangan (Development) untuk menghasilkan produk dan menguji keefektifan produk tersebut. Dalam penelitian ini produk yang dikembangkan yaitu: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Tes Hasil Belajar (THB). Hasil analisis data penelitian menunjukan kriteria (1) kevalidan di mana RPP memperoleh nilai persentase berkisar antara 83,3% hingga 91,6%, LKPD berkisar antara 83,3% hingga 100%, dan lembar tes berkisar dari 83,3% hingga 100% dengan memperoleh kategori valid. (2) Kepraktisan dimana Keterlaksanaan Pembelajaran memperoleh nilai rata-rata persentase pada kegiatan awal yaitu 97%, kegiatan inti 94%, kegiatan penutup 95,8%, suasana kelas 97,2%, dan pengelolaan waktu 83,3% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa berkisar dari 57% hingga 100% dengan kategori baik (3) Keefektifan di mana tes hasil belajar siswa memperoleh nilai post-test peserta didik adalah 84,5, respon siswa memperoleh nilai persentase berkisar dari 88% hingga 100% dengan kategori baik.
Kata Kunci: Perangkat, Pembelajaran, PQ4R, Ekskresi
Download berkas