SKRIPSI

Penulis / NIM
DEDDY ADRIANSYAH BANYOKO / 431415062
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FRIDA MARYATI JUSUF, M.Pd / 0005016808
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MARINI SUSANTI HAMIDUN, S.Si, M.Si / 0004057006
Abstrak
ABSTRAK Deddy Adriansyah Banyoko. 2019. ..."Penerapan model pembelajaran proyek berbasis riset dan pemecahan masalah (PRIMA) pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah untuk menanamkan karakter peduli lingkungan terhadap peserta didik kelas X IPA 1 di SMA Negeri 1 Suwawa. Tahun ajaran 2018/2019. Skripsi. Program studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Dr. Frida Maryati Yusuf, M.Pd. dan Ibu Dr. Marini Susanti Hamidun, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan karakter peduli lingkungan melalui penerapan model pembelajaran proyek berbasis riset dan pemecahan masalah (PRIMA) pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kuasi eksperimen dengan menggunakan one group pretest and posttest design. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 1 Tahun Ajaran 2018/2019 dengan melibatkan 29 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari soal-soal berbasis karakter, RPP, LKPD, lembar keterlaksanaan pembelajaran dan lembar aktivitas peserta didik, yang telah dinyatakan layak oleh validator. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan rumus keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas peserta didik, ketuntasan individual, dan N-Gain. Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan I memperoleh skor minimal 50 kriteria cukup baik, sedangkan pertemuan II memperoleh skor minimal 75 kriteria baik. Aktivitas peserta didik memperoleh skor minimal 75 kriteria baik, sedangkan pertemuan II memperoleh skor minimal 81 kriteria sangat baik. Hasil belajar yang diperoleh peserta didik yakni rata-rata pretest sebesar 34 dan nilai rata-rata posttest yakni 80. Karakter peduli lingkungan dilihat berdasarkan hasil N-Gain peserta didik. Aspek moral knowing mendapatkan nilai N-gain sebesar 0.76 termasuk dalam kategori tinggi. Aspek moral feeling mendapatkan nilai N-gain sebesar 0.71 termasuk dalam kategori tinggi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran proyek berbasis riset dan masalah (PRIMA) pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah dapat menanamkan karakter peduli lingkungan pada peserta didik kelas X IPA 1 Tahun Ajaran 2018/2019. Kata Kunci: pembelajaran proyek, perubahan lingkungan, karakter
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011