Penulis / NIM
DELVI TALIB / 431415067
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FRIDA MARYATI JUSUF, M.Pd / 0005016808
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MUSTAMIN IBRAHIM, M.Si / 0016066804
Abstrak
ABSTRAK
Delvi Talib. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Learning cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Di SMA Negeri 1 Kabila, Tahun Ajaran 2018/2019. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh DR. Frida Maryati Yusuf, M.Pd sebagai pembimbing I dan Drs. Mustamin Ibrahim, M.Si sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Learning cycle 5E pada materi sistem pernapasan manusia di SMA Negeri I Kabila. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan desain penelitian pra eksperimental yakni rancangan one group pretest and posttest design. Kelas yang digunakan sebagai kelas penelitian yakni XII IPA 2 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata aktivitas guru maupun aktivitas siswa pada pertemuan I, pertemuan II dan pertemuan III menunjukkan kriteria baik dengan skor maksimal 73% termasuk kategori (Baik) hingga mencapai 100% termasuk kategori (Sangat Baik). Peningkatan hasil belajar siswa pertemuan I sampai pertemuan III dapat dilihat dari nilai posttest yang diperoleh siswa lebih tinggi dibandingkan nilai pretest, antara lain pada pertemuan I dengan nilai rata-rata 79 %, pertemuan II nilai rata-rata 84 %, pertemuan III nilai rata-rata 86%. Nilai N-gain yang diperoleh siswa yakni pertemuan I 0.71, pertemuan II 0.76, pertemuan III 0.78, termasuk kategori tinggi. Dengan demikian, model Learning cycle 5E dapat digunakan dalam pembelajaran kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 1 Kabila pada materi sistem pernapasan manusia.
Kata kunci: Hasil Belajar, Learning cycle, Sistem Pernapasan
Download berkas