Penulis / NIM
INDAH ISMAWATI KOROMPOT / 431416014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. ARYATI ABDUL, M.Kes / 0015045912
Abstrak
ABSTRAK
Indah Ismawati Korompot. 2020. ����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½������¯����¯�¿�½������¿����¯�¿�½������½����¯�¿�½..."Penerapan Pembelajaran Berbasis Pengetahuan Metakognitif Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Konsep Materi Genetik Di SMA Negeri 1 GorontaloÃ���Ã�¯Ã�¿Ã�½Ã��Ã�¯Ã��Ã�¿Ã��Ã�½Ã���Ã��Ã�¯Ã���Ã��Ã�¿Ã���Ã��Ã�½Ã���Ã�¯Ã�¿Ã�½Ã���Ã��Ã�¯Ã���Ã�¯Ã�¿Ã�½Ã���Ã��Ã�¿Ã���Ã�¯Ã�¿Ã�½Ã���Ã��Ã�½Ã���Ã�¯Ã�¿Ã�½Ã��Ã�¯Ã��Ã�¿Ã��Ã�½Ã���Ã�¯Ã�¿Ã�½Ã���Ã��Ã�ÂÂ. Program Studi S1 Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dr. Elya Nusantari, M.Pd (2) Dra. Aryati Abdul, M.Kes.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui penerapan pembelajaran berbasis pengetahuan metakognitif pada konsep materi genetik di SMA Negeri 1 Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian yaitu Pre-Eksperimen Desain dengan rancangan One-Group Pre-Test and Post-Test Design. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA 5 Semester Ganjil pada Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 27 orang. Penelitian dilaksanakan selama 4 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari RPP, LKPD, lembar Keterlaksanaan Aktivitas Pembelajaran, lembar aktivitas peserta didik dan soal-soal berbasis kemampuan berpikir kritis beserta rubriknya. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan kriteria kemampuan berpikir kritis serta didukung oleh rumus keterlaksanaan akktivitas pembelajaran, rumus aktivitas peserta didik serta N-Gain peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis pengetahuan metakognitif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yakni: Kemampuan berpikir kritis pada kecakapan asumsi didapatkan 98.75% dengan kategori sangat baik, interference 88.25% dengan kategori sangat baik, dan deduksi 81.25% dengan kategori sangat baik serta interpretasi 61.25% dengan kategori baik dan evaluasi 65.25% dengan kategori baik.
Kata Kunci: Pengetahuan Metakognitif, Kemampuan Berpikir Kritis, Materi Genetik
Download berkas