Penulis / NIM
ERNI YULIANTI / 431416017
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRA LATJOMPOH, M.Pd / 0012026703
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. DJUNA LAMONDO, M.Si / 0018086407
Abstrak
Erni Yulianti. 2022. Faktor-faktor Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19 di Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Suwawa. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Ibu Dr. Masra Latjompoh, M.Pd sebagai pembimbing I dan Ibu Dr. Djuna Lamondo, M.Si sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 di Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Suwawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif hasil angket dengan jumlah sampel 30 siswa. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari 3 tahap yaitu hasil observasi awal, wawancara, dan penyebaran kuesioner. Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara diketahui bahwa adanya faktor penyebab kesulitan belajar yang berasal dari dalam diri siswa seperti malas mengerjakan tugas. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan faktor-faktor kesulitan belajar siswa yang didapatkan dari faktor internal dan faktor eksternal yang dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 pada siswa kelas VIII C semester genap di SMP Negeri 1 Suwawa tahun ajaran 2019/2020 diperoleh bahwa faktor internal penyebab kesulitan belajar tertinggi yaitu faktor motivasi, dan faktor ekternal penyebab kesulitan belajar tertinggi yaitu faktor keluarga.
Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Pembelajaran Daring, Siswa SMP
Download berkas