SKRIPSI

Penulis / NIM
CITRA UTAMI MOKODOMPIT / 431416018
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FRIDA MARYATI YUSUF, M.Pd / 0005016808
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MARINI SUSANTI HAMIDUN, S.Si, M.Si / 0004057006
Abstrak
ABSTRAK Citra Utami Mokodompit. 2021. "Implementasi model pembelajaran proyek berbasis riset dan masalah (PRIMA) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah. Tahun ajaran 2021/2022. Skripsi. Program studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Frida Maryati Yusuf dan Ibu Marini Susanti Hamidun. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui implementasi model pembelajaran proyek berbasis riset dan masalah (PRIMA) pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan one group pretest and posttest design. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA Tahun Ajaran 2020/2021 dengan melibatkan 9 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari soal-soal sesuai dengan standar taksonomi bloom, RPP, LKPD, lembar keterlaksanaan pembelajaran dan lembar aktivitas peserta didik, yang telah dinyatakan layak oleh validator. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan rumus keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas peserta didik, ketuntasan individual, dan N-Gain. Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan I dan pertemuan II memperoleh skor minimal 75 kriteria baik. Aktivitas peserta didik memperoleh skor minimal 78 kriteria baik, sedangkan pertemuan II memperoleh skor minimal 83 kriteria sangat baik. Hasil belajar yang diperoleh peserta didik yakni rata-rata pretest sebesar 30 dan nilai rata-rata posttest yakni 78. Hasil belajar juga dilihat berdasarkan hasil N-Gain yang diperoleh dari nilai pretest dan posttest peserta didik yakni nilai 0,77 dengan kategori tinggi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran proyek berbasis riset dan masalah (PRIMA) pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah dapat meningkatkan hasil belajar pada peserta didik kelas X IPA Tahun Ajaran 2020/2021. Kata Kunci: pembelajaran proyek dan riset, perubahan lingkungan, hasil belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011