Penulis / NIM
NURELVIANA A. TAHIR / 431416025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABUBAKAR SIDIK KATILI, S.Pd, M.Sc / 0017067905
Abstrak
ABSTRAK
Nurelviana A. Tahir. 2021.Efektivitas Pembelajaran Daring Pesera Didik pada Mata Pelajaran Biologi (Suatu Penelitian di SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo). Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lilan Dama, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Abubakar Sidik Katili, S.Pd, M.Sc.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran biologi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo yang berjumlah 30 peserta didik. Adapun teknik pengambilan data yang dilakukkan pada penelitian ini melalui wawancara dan penyebaran angket/kuesioner pre-test & post-test.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa jika dilihat dari perolehan hasil angket dan hasil belajar nilai rata-rata mata pelajaran biologi peserta didik kelas X IPA maka pembelajaran daring yang dilakukkan dapat dikatakan telah efektif. Namun jika dilihat dari berbagai masalah yang dihadapi maka dapat dikatakan bahwa pembelajaran daring tersebut masih kurang efektif dan masih harus terus ditingkatkan dan diperhatikan lagi baik itu dari guru maupun dari peserta didik.
Kata kunci: Efektivitas Pembelajaran, Pembelajaran Daring, Mata Pelajaran Biologi.
Download berkas