SKRIPSI

Penulis / NIM
YUNIARTY R. BULOWE / 431416039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FRIDA MARYATI YUSUF, M.Pd / 0005016808
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. NOVRI YOULA KANDOWANGKO, M.P / 0010116809
Abstrak
ABSTRAK Yuniarty R. Bulowe. 2020. Penerapan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MTs Negeri 1 Kota Gorontalo dan di SMP Negeri 12 Gorontalo����¯�¿�½������. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Dr. Frida Maryati Yusuf, M.Pd dan Ibu Prof. Dr. Novri Youla Kandowangko M.P. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan perangkat pembelajaran bmenggunakan model inkuiri terbimbing pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di MTs Negeri 1 Kota Gorontalo dan di SMP Negeri 12 Gorontalo. Jenis Penelitian ini adalah Desktiptif Kuantitatif dengan menggunakan desain Penelitian Pra Eksperimetal yaitu rancangan One Group Pretest Posttest Design. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 di MTs Negeri 1 Kota Gorontalo yang berjumlah 30 orang dan siswa kelas VIII-2 di SMP Negeri 12 Gorontalo yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 kali pertemuan. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan rumus pengelolaan kelas oleh guru, aktivitas siswa, ketuntasan individual, nilai rata-rata kelas dan nilai N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dilihat dari nilai pretest dan posttest serta ketuntasan secara N-Gain, Nilai yang diperoleh siswa di MTs Negeri 1 Kota Gorontalo pada pertemuan 1 pretest (28) dan posttets (71), Pertemuan 2 pretest (30) dan posttes (80), pertemuan 3 pretest (33) dan posstest (85). Nilai N-Gain permuan 1 (0,60) dengan kriteria sedang, pertemuan 2 (0,71) dengan kriteria tinggi, pertemuan 3 (0,78) dengan kriteria tinggi. Sedangkan, nilai yang diperoleh siswa di SMP Negeri 12 Gorontalo pada pertemuan 1 pretest (20) dan posttest (69), pertemuan 2 pretest (27) posttest (77), pertemuan 3 pretest (25) posttest (80). Nilai N-Gain pertemuan 1 (0,61) dengan kriteria sedang, pertemuan 2 (0,68) dengan kriteria sedang, pertemuan 3 (0,73) dengan kriteria tinggi. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Inkuiri Terbimbing, Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011