SKRIPSI

Penulis / NIM
MUHAMMAD ISRA / 431416051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. ARYATI ABDUL, M.Kes / 0015045912
Abstrak
ABSTRAK Muhammad Isra. 2020. Penerapan Pembelajaran Berbasis Pengetahuan Metakognitif Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Pembelahan Sel. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dr. Elya Nusantari, M.Pd (2) Dra. Ariyati Abdul, M.Kes. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pembelahan sel di SMA Negeri 1 Telaga. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimen desain dengan rancangan one-group pre-test and post-test design Sasaran pada penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 3 Semester Ganjil pada Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari soal-soal berbasis kemampuan berpikir kritis, lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan rubrik penilaian hasil belajar. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan rumus aktivitas guru, aktivitas siswa, nilai rata-rata pre-test dan Post-test dan N-gain siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai keterlaksanaan guru sebesar 92.6% kategori sangat baik, aktivitas siswa menunjukan hasil sebesar 97% kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dilihat dari nilai post-test lebih tinggi dari nilai pre-test serta ketuntasan secara N-Gain. Nilai yang diperoleh siswa pada pertemuan I pre-test 38.48% dan post-test 85.45%, pertemuan II pre-test 38.48% dan post-test 85.55% dan pertemuan III pre-test 38.58% dan post-test 85.94%. Nilai N-Gain pertemuan I 0.76%, pertemuan II 0.76% dan pertemuan III 0.75% dengan kriteria tinggi. Aktivitas siswa beserta hasil belajar yang mengalami peningkatan dapat disimpulkan dengan menggunakan pembelajaran berbasis pengetahuan metakognitif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pembelahan sel. Kata Kunci: Pembelajaran Metakognitif, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelahan Sel
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011